IPS Sekolah Menengah Pertama Sebutkan 10 contoh kegiatan ekonomi kelautan,beserta alasannya!

Tolong bantu plelis​

Sebutkan 10 contoh kegiatan ekonomi kelautan,beserta alasannya!

Tolong bantu plelis​

1. Pembudidaya Rumput Laut

Rumput laut merupakan salah satu kekayaan laut yang amat berpotensi dan bisa menghasilkan tingkatan perekonomian laut yang kian tinggi. Oleh karena hal tersebut, banyak petani rumput laut yang tergerak untuk melestarikan dan mebudidayakn rumput laut disepanjang pantai dan pesisir yang kian banyak ditemukan sekarang ini.

2. Budidaya Ikan

Tentunya budidaya ikan tidak hanya terjadi dipesisir pantai dan lautan luas dengan menggunakan banyak metode dan cara-cara alami. Pembudidayaan ikan sudah banyak ditemui dan petani ikan sudah sangat berkembang serta mahir dalam menjalankan usaha budidaya ikan ini. Potensi yang dihasilkan oleh budidaya ikan cukup menggiurkan dimana semua hal akan menghasilkan baik ikan laut maupun ikan air tawar yang sekarang banyak dibudidayakan menggunakan tambak maupun kolam-kolam ikan.

3. Garam

Hal apalagi yang menarik selain mendapatkan garam hanya dengan menglah air laut? Walaupun terbilang harga jual garam tidak terlalu tinggi namun hasil laut yang satu ini banyak di lakukan dan diolah oreh para nelayan di tepi pantai. Ini dikarenakan kemudahan dan cara menglah garam yang tidak sulit dan terbilang mudah.

4. Petambak udang

Coba sebutkan jenis udang apa saja yang anda ketahui? Ada banyakjenis udang yang sebenarnya merupakan kekayaan dari ekonomi kelautan dimana sangat berpotensi sebagai salah satu sumbermata pencarian para nelayan dan petani udang. Penambakan udang sudah kian marak ditemui di beragam daerah di pesisir pantai bahkan di beragam daerah lainnya.

5. Budidaya Kerang

Salah satu jenis satwa laut yang tidak kalah berpotensi lainnya dalah kerang. Ada banyak jenis kerang yang dibudidayakan dan disukai oleh masyarakat hingga berpotensi sebagai ladang usaha.

6. Nelayan

Tidak mengherankan bahwa 80% penduduk yang tinggal di dekat pantai dan pesisir adalah para nelayan yang melakukan pencarian hasil laut setiap harinya sebagai mata pencarian mereka.

7. Seseorang yang melakukan kegiatan konsumsi di atas kapal saat berlayar juga sebenarnya tengah melakukan kegiatan ekonomi karena konsumsi adalah salah satu kegiatan ekonomi selain produksi dan distribusi.

8. Kegiatan merehabilitasi ekosistem terumbu karang juga termasuk kegiatan ekonomi karena salah satu latar belakangnya bermotif ekonomi

9. Pasar apung yang terjadi di laut juga termasuk kegiatan ekonomi.karena termasuk salah satu latar belakangnya ekonomi. Contoh pasar apung di atas laut ada di Jepara.

10. penangkapan dan pengolahan udang.

karena itu juga termasuk latar belakang dari motif ekonomi

tolong jadikan jawban yg terbaik yaaa

Jawaban:

Ekonomi kelautan merupakan salah satu kegiatan perekonomian yang dilakukan di lautan, wilayah pesisir, dan darat selama SDA-nya berasal dari laut. Contoh kegiatan ekonomi kelautan adalah pembudidaya rumput laut, pembudidaya ikan, petambak garam, petambak udang, dan nelayan.

Contoh bentuk ekonomi kelautan antara lain: penangkapan ikan, pelelangan ikan, keramba pinggir laut dan lain-lain

Penjelasan:

maaf kalo salah

[answer.2.content]